Wisata Sejarah Surabaya: Walking Tour di Kampung Peneleh

Surabaya, kota yang kaya akan sejarah dan budaya, memiliki banyak tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu kawasan yang menyimpan banyak cerita adalah Kampung Peneleh. Walking tour di Kampung Peneleh akan membawa Anda menyusuri jejak-jejak sejarah penting. Berikut adalah rute walking tour yang bisa Anda ikuti:

Baca Juga: 5 Deretan Rainbow Slide di Surabaya & Malang

1. Sumur Jobong

Lokasi:
Jl. Peneleh Gang IV No. 34, Surabaya

Sumur Jobong adalah sumur tradisional yang masih digunakan oleh warga sekitar. Sumur ini dipercaya memiliki nilai sejarah tinggi karena sudah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Aktivitas:
Nikmati cerita tentang asal-usul sumur ini dan bagaimana fungsinya dalam kehidupan sehari-hari warga Kampung Peneleh.

2. Rumah Lahir Bung Karno

Lokasi:
Jl. Pandean IV No. 40, Surabaya

Rumah sederhana ini adalah tempat lahirnya Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Rumah ini kini menjadi museum yang menyimpan banyak kenangan masa kecil Bung Karno.

Aktivitas:
Anda bisa melihat berbagai koleksi barang pribadi Bung Karno dan mendapatkan penjelasan tentang kehidupan awalnya di Surabaya.

3. Rumah H.O.S. Tjokroaminoto

Lokasi:
Jl. Peneleh VII No. 29-31, Surabaya

Rumah ini adalah tempat tinggal H.O.S. Tjokroaminoto, seorang tokoh pergerakan nasional. Rumah ini juga menjadi tempat kost para pemuda pergerakan, termasuk Soekarno muda.

Aktivitas:
Anda bisa mengunjungi rumah ini untuk melihat ruang-ruang yang dulu ditempati oleh para pemuda pergerakan dan mendengar kisah perjuangan mereka.

4. Langgar Dukur Kayu

Lokasi:
Jl. Dukur Kayu No. 12, Surabaya

Langgar Dukur Kayu adalah masjid kecil yang berusia lebih dari 200 tahun. Masjid ini masih mempertahankan arsitektur tradisionalnya.

Aktivitas:
Kunjungi masjid ini untuk melihat keindahan arsitektur tradisional dan merasakan suasana religiusnya yang tenang.

5. Masjid Jami’ Peneleh

Lokasi:
Jl. Peneleh No. 46, Surabaya

Masjid Jami’ Peneleh adalah salah satu masjid tertua di Surabaya yang masih berfungsi hingga saat ini. Masjid ini memiliki nilai sejarah tinggi dan menjadi pusat kegiatan keagamaan di Kampung Peneleh.

Aktivitas:
Nikmati keindahan arsitektur masjid ini dan dengarkan cerita tentang sejarah pembangunannya.

6. Makam Eropa Peneleh

Lokasi:
Jl. Peneleh No. 46, Surabaya (di dekat Masjid Jami’ Peneleh)

Makam Eropa Peneleh adalah pemakaman kuno yang digunakan sejak zaman kolonial. Banyak tokoh Belanda dan Eropa lainnya dimakamkan di sini.

Aktivitas:
Jelajahi makam ini untuk melihat makam-makam kuno dengan arsitektur khas Eropa dan pelajari kisah hidup para tokoh yang dimakamkan di sini.

Walking tour di Kampung Peneleh menawarkan pengalaman berharga dalam mengenal sejarah dan budaya Surabaya. Dari sumur tradisional hingga rumah bersejarah, setiap langkah Anda akan membawa Anda lebih dekat dengan masa lalu kota ini. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen dan kenangan selama tur. Selamat menjelajahi Kampung Peneleh!

Baca juga : Harga Sewa Motor Surabaya di Bundar Trans 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *