5 Tempat Wisata Surabaya Seperti di Jepang

 5 Tempat Wisata Surabaya Seperti di Jepang – Surabaya, sebagai kota metropolitan terbesar di Jawa Timur, memiliki daya tarik wisata yang beragam, mulai dari sejarah, kuliner, hingga alam. Namun, apakah Anda tahu bahwa di tengah kesibukan kota ini, terdapat destinasi-destinasi wisata yang bisa membawa Anda merasakan atmosfer khas Jepang? Artikel ini akan membahas lima tempat wisata di Surabaya yang mirip dengan pengalaman berlibur di Jepang. Dari keindahan taman hingga keramaian kawasan kota, mari kita temukan destinasi yang membuat liburan Anda di Surabaya semakin istimewa.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Surabaya Terbaru

Rekomendasi 5 Tempat Wisata Seperti Jepang

1. Taman Sakura

wisata surabaya seperti jepang

Taman Sakura di Surabaya memberikan pengalaman yang sangat mirip dengan melihat bunga sakura mekar di Jepang. Terletak dalam satu kompleks dengan Hutan Bambu Keputih, Taman ini menciptakan suasana yang memesona bagi para pengunjung. Keunikan taman ini terletak pada hamparan bunga berwarna-warni yang menghiasi sekitar area taman, memberikan pemandangan yang memukau dan tak terlupakan. Sebagai ikon utama, terdapat air mancur yang menghiasi bagian tengah taman, memberikan sentuhan keindahan dan ketenangan.

Selain menjadi tempat untuk menikmati keindahan alam, Taman Sakura juga menawarkan fasilitas taman bermain yang ramah bagi anak-anak. Wahana-wahana seperti ayunan, seluncuran, jungkat-jungkit, dan panjat tangga besi dapat ditemui di area tersebut, memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk bermain dan bersenang-senang. Taman Sakura beralamat di Jalan Keputih Timur II No. 249, Keputih, Sukolilo, Surabaya. Lokasinya yang strategis membuat taman ini menjadi pilihan ideal untuk keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama sambil menikmati keindahan alam dan keseruan taman bermain.

Ingin mengunjungi tempat wisata atau kerja atau kampus dengan sepeda motor yang serasa milik sendiri? Yuk sewa motor di Roda Bundar Surabaya

2. Hutan Bambu Keputih

wisata surabaya seperti jepang

Hutan Bambu Keputih memiliki sejarah menarik, yang awalnya merupakan tempat pembuangan akhir (TPA). Pada sekitar tahun 2000, Pemerintah Kota Surabaya mengambil langkah tegas dengan memindahkan TPA tersebut ke daerah Benowo. Transformasi menakjubkan kemudian terjadi di lokasi tersebut, di mana Pemkot Surabaya menginisiasi penanaman bibit bambu yang akhirnya berkembang menjadi Hutan Bambu Keputih yang indah.

Ketika Anda mengelilingi Hutan Bambu Keputih, pemandangan yang muncul mengingatkan pada kecantikan Sagano Bamboo Forest di Kyoto, Jepang. Suasana yang teduh dan hijau menjadikan Kebun Bambu Keputih sebagai tempat yang ideal untuk berhenti sejenak dari kepadatan dan hiruk-pikuk Kota Surabaya. Alamatnya terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya, menambah daya tariknya sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

3. Kawasan Jalan Kota Surabaya

wisata surabaya seperti jepang

Tidak perlu merantau jauh hingga ke Jepang untuk menikmati pesona indahnya bunga sakura. Kota Surabaya menyajikan pemandangan yang tak kalah menarik dengan kehadiran bunga tabebuya yang merona di sepanjang jalan protokolnya. Keunikan bentuk bunga tabebuya yang sangat menyerupai bunga sakura mampu menciptakan suasana seolah berada di jalanan Jepang yang memesona.

Sejumlah lokasi menarik tersebar di Kota Surabaya yang dapat dikunjungi untuk menikmati kecantikan bunga tabebuya ini. Antara lain, Jalan Mayjen Sungkono, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gunung Anyar Merr, kawasan Bubutan, dan sekitar Stasiun Pasar Turi. Namun, perlu diingat bahwa keindahan bunga tabebuya ini hanya dapat dinikmati pada musim kemarau. Oleh karena itu, sebaiknya para pengunjung memilih waktu yang tepat untuk menyaksikan keelokan bunga tabebuya yang mekar memenuhi jalanan Kota Surabaya.

4. Taman Apsari

wisata surabaya seperti jepang

Selama masa penjajahan Belanda, Taman Apsari dikenal dengan nama Taman Simpang atau Kroesen Park. Awalnya, fungsi Taman Apsari adalah sebagai halaman belakang dari Gedung Negara Grahadi. Namun, pada tahun 1802, posisi pintu utama Gedung Grahadi diubah sehingga Taman Apsari ditempatkan di bagian depan gedung tersebut. Taman Apsari menampilkan keindahan ruang terbuka hijau dengan beragam bunga dan pepohonan yang rindang. Saat musim kemarau tiba, pengunjung dapat menikmati pemandangan memukau dari bunga tabebuya yang mekar di sepanjang jalan protokol. Di tengah-tengah taman, terdapat monumen Gubernur Suryo yang menambah keunikan dan nilai sejarah taman ini.

Lokasi Taman Apsari dapat ditemukan di Jalan Taman Apsari No. 63, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Sebagai salah satu destinasi bersejarah, Taman Apsari tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menyegarkan, tetapi juga menyuguhkan atmosfer yang kental dengan nuansa sejarah penjajahan Belanda di masa lalu.

5. Pagoda Tian Ti

Pagoda Tian Ti, yang berdiri megah di Kenjeran Park Surabaya, membawa nuansa China yang memukau. Meskipun terinspirasi oleh Temple of Heaven di China, pemandangan sekitarnya menawarkan keindahan yang juga mengingatkan kita pada pesona Jepang. Dengan ketinggian mencapai 58 meter dan diameter 60 meter, Pagoda Tian Ti memikat mata setiap orang yang melintas.

Setiap detil di Pagoda Tian Ti memberikan nuansa keanggunan dan ketenangan. Pintu masuknya dihiasi dengan bulatan berwarna emas dan ukiran relief naga serta burung phoenix yang memukau. Meski begitu, penting untuk dicatat bahwa Pagoda Tian Ti tidak difungsikan sebagai tempat ibadah. Sebaliknya, area dalamnya dibiarkan kosong agar setiap pengunjung dari berbagai etnis dan agama dapat menikmati pesona destinasi wisata ini. Tak hanya sebagai simbol keindahan arsitektur, sekitar Pagoda Tian Ti terbentang lapangan luas yang sering digunakan untuk kegiatan olahraga dan festival seni. Hal ini menambah daya tariknya sebagai tempat yang tidak hanya memukau mata, tetapi juga menyediakan ruang bagi kegiatan masyarakat sekitar. Lokasi dari Pagoda Tian Ti ini adalah di Jalan Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Kec. Bulak, Surabaya.

Penutup

Menjelajahi Surabaya dengan mengunjungi destinasi-destinasi seperti Taman Sakura, Hutan Bambu Keputih, Kawasan Jalan Kota, Taman Apsari, dan Pagoda Tian Ti akan memberikan Anda pengalaman serupa dengan liburan di Jepang. Namun, jangan lupa untuk menyempurnakan perjalanan Anda dengan menyewa motor di Bundar Trans. Dengan begitu, Anda dapat lebih leluasa menjelajahi berbagai destinasi wisata yang menarik di Surabaya. Selamat berlibur!

Ingin mengunjungi tempat wisata atau kerja atau kampus dengan sepeda motor yang serasa milik sendiri? Yuk sewa motor di Roda Bundar Surabaya. Proses booking cuma 5menit, syarat cuma KTP, tanpa deposit, harga mulai 60rb per24jam. 

4 thoughts on “5 Tempat Wisata Surabaya Seperti di Jepang”

  1. Pingback: Tempat yang Wajib Dikunjungi di Surabaya - Bundar Trans

  2. Pingback: 9 Tempat Wisata Dekat Stasiun Gubeng, Tak Hanya Mall!

  3. Pingback: 8 Cafe Dekat Stasiun Gubeng, Hidden Gem! - Bundar Trans

  4. Pingback: 5 Kafe ala Korea yang menggoda di Surabaya - Bundar Trans

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *